Mobil Ambulance


 Mobil Ambulance Mobil Ambulance

3 Fakta Mobil Ambulance yang Belum Diketahui Banyak Orang

Mobil ambulance dikenal dengan kata ambulance yang ditulis terbailik. Tentu saja hal tadi bukan hanya iseng semata, karena ada makna di balik penulisannya. Hal tersebut dilakukan agar pemakai kendaraan di sekitarnya dapat membaca kata ambulance dengan mudah lewat spion supaya mereka memberi jalan. Selain fakta ini, ada juga sederetan pengetahuan seputar ambulans yang ternyata belum diketahui oleh banyak orang, termasuk tiga fakta di bawah ini.

  1. Jenis Lampu Rotator

Setidaknya ada tiga jenis lampu rotator yang penggunaannya diizinkan undang-undang, yaitu:

  • Warna biru serta sirine yang dipakai oleh mobil petugas dari Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Warna merah serta sirine yang dipakai dalam mobil pengawalan TNI, tahanan, ambulans, palang merah, jenazah;
  • Warna kuning dan tanpa sirine yang dipakai untuk mobil patroli di jalan tol, angkutan barang, perawatan dan pemersihan, dan kendaraan sejenis.

Namun, Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) hanya mengizinkan pemakaian lampu rotator merah dan biru untuk mobil ambulance. Keputusan tersebut dibuat berdasarkan PPRI Nomor 44 tahun 1993 tentang kendaraan dan pengemudi.

  1. Sirine dan Arti Bunyinya

Bukan hanya satu, ambulans mempunyai lima jenis suara untuk sirinenya. Antara lain yelp, phaser, wail, horn, dan hi-lo. Jenis yelp dipakai saat ambulans ada di persimpangan, wail dipakai kalau ambulans ada di jalan lurus. Kemudian hi-lo dipakai sebagai perpaduan agar memperoleh perhatian secara efektif. Sedangkan horn baru digunakan sebagai klakson kalau suara-suara sirine lain tidak berhasil mendapat perhatian dari para pengguna jalan.

  1. Makna Palang Enam Warna Biru

Palang enam yang begitu identik dengan ambulans disebut sebagai star of life yang mengadopsi lambang dari AMA (American Medical Association). Jumlah enam dalam palang tersebut ternyata punya arti, yakni detection, reporting, response, on-scene care, care intransit, dan transfer to definitive care. Enam poin tadi adalah fungsi dari EMS (Emergency Medical Service).

Semoga informasi seputar fakta dari mobil ambulance ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.